Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Saturday, September 8, 2012

Template dan Contoh CV (Curriculum Vitae)

0 comments

Curriculum Vitae (CV) atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Daftar Riwayat Hidup adalah salah satu surat yang harus disertakan oleh para pelamar kerja yang sedang mengajukan ppermohonan/lamaran kerja kepada sebuah institusi atau pemberi kerja yang sedang mencari calon pegawai. Umumnya CV itu berisi data identitas diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, pengalaman yang dimiliki, keahlian yang dimiliki dan data penting lainnya yang mungkin akan memberikan nilai tambah bagi si pelamar kerja yang akan membuat pihak yang membuka lowongan akan tertarik untuk merekrut pelamar tersebut sebagai karyawannya.

Sebenarnya tidak ada bentuk standarnya. Justru calon pelamar harus dapat membuat CV -nya dengan semenarik dan seunik mungkin sehingga akan memiliki peluang untuk dibaca dengan lebih teliti oleh orang yang akan menyaring dan menentukan pelamar mana yang akan diterima untuk bekerja. Dengan demikian maka ada peluang bagi pelamar yang bersangkutan untuk mengalahkan pesaing lainnya.

Banyak dari para pelamar yang bingung ketika harus membuat Surat Lamaran Kerja dan CV. Mereka bingung bagaimana bentuk baku dari Surat Lamaran dan CV tersebut. Bahkan salah satu keyword pencarian di internet yang cukup banyak diketik oleh pengguna internet adalah pencarian Surat Lamaran Kerja dan contoh CV.

Sekali lagi penulis tegaskan di sini, bahwa tidak ada bentuk baku dari Surat Lamaran Kerja dan CV. Untuk CV, pada intinya berisi:
  1. nama
  2. tempat, tanggal lahir
  3. alamat
  4. nomor telepon atau HP yang dapat dihubungi
  5. alamat email yang dapat dihubungi
  6. daftar riwayat pendidikan
  7. daftar riwayat pekerjaan
  8. daftar riwayat pengalaman (jika ada)
  9. keahlian/kemampuan
  10. serta data lainnya yang dirasakan perlu untuk dicantumkan untuk menambah daya tawar dari pelamar kerja tersebut untuk mengalahkan pesaing lainnya.

Berikut penulis sajikan salah satu bentuk/contoh CV:

- Contoh CV dalam Bahasa Inggris

0 comments:

Post a Comment

 

Info Lebih Lanjut, Dapatkan Di Sini